KL Lazismu SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Tasharufkan Dana Dakwah dan Sosial Kemasyarakatan

Pentasharufan Zakat infaq shodaqoh sd muh wibraga

Pentasharufan Zakat infaq shodaqoh SD muh wibraga

Rabu, 24 Ramadhan 1440 / 29 Mei 2019 di halaman Sekolah yang begitu asri, di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 tengah berlangsung Acara Pengajian, Pentasharufan Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS) dan Buka Puasa Bersama Warga Sekitar, yang diselenggarakan oleh SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 (Wibraga) dengan Kantor Layanan (KL) Lazismunya.

Cahyono, selaku Kepala Sekolah menuturkan dalam sambutannya, bahwa acara ini diselenggarakan rutin setiap tahun pada akhir Ramadhan, dengan tujuan menjalin hubungan baik dan maslahat dengan masyarakat sekitar sekolah.

“Melalui silaturrahim dan pentasharufan ZIS ini, diharapkan sekolah dapat memberi banyak manfaat untuk masyarakat sekitar dengan berbagai program dakwah dan sosialnya, sehingga insya Allah akan semakin lancar proses pendidikan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 dengan dukungan masyarakat.” Tutur Cahyono.

Sementara itu, Drs. H Akhid Widi Rahmanto, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta memberikan apresiasi terhadap program kreatif SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta dalam upaya mendekatkan lembaga sekolah dengan lingkungan sekitar.

“ini program bagus, saya salut dan mengapresiasi program SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 dengan gerakan KL Lazismunya, yang telah mewujudkan peran sekolah dalam misi dakwah dan sosialnya di tengah masyarakat.” Ungkap Ahid dalam mengawali tausiah menjelang berbuka puasa.

Di samping Guru dan Karyawan, acara ini juga diikuti Jama’ah Masjid Muhajirin Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Wirobrajan dan Masjid Nurul Huda PRM Singosaren.

Sealain itu, Sekolah juga mengundang  Tokoh masyarakat, Ketua RT dan RW sekitar yang berjumlah 14 RT/RW.

Pada kesempatan tersebut SD MUH WIBRAGA lakukan pentasharufan ZIS  yang telah dihimpun oleh Kantor Layanan Lazismu  WIBAGRA yang diketuai oleh Isnain yang juga Guru ISMUBA.

beberapa program pentasharufan seperti;

Pentasharufan Zakat infaq shodaqoh sd muh wibraga

  1. Dana dakwah Muhammadiyah, sebesar Rp 18.500.000, melalui Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Wirobrajan, diterima oleh Bapak Toha /Sekretaris PCM dan Bapak Agus Wahyudi, dikdas.
  2. Dana sosial kemasyarakatan, diterima ketua RT-RW sekitar total bantuan Rp 14.000.000
  3. Program Wibraga Peduli Palestina, Rp 6.551.000, disalurkan melalui Lazismu Wilayah DIY
  4. Program Gerakan Wakaf Qur’an, terhimpun Rp. 17.210.000, akan dibelikan mushaf Al-Qur’an, diasmping untuk kebutuhan internal juga sebagian akan disumbangkan ke Masjid-musholla daerah terpencil di Gunungkidul dan Kulonprogo.
  5. Penyaluran Paket Zakat Fitri ke masyarakat sekitar. Berjumlah 170 paket ( 5 kg/paket) dibagikan ke 170 KK.
  6. Penyaluran Zakat Fitri untuk Program Zakat Fitri Berdaya Lazismu Wilayah, berupa uang sebesar Rp 3.639.000.

“Alhamdulillah KL Lazismu SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 telah beroperasional selama 2,5 tahun dan tahun ini mengalami peningkatan dalam program layanannya, baik program Penghimpunan  maupun pentasharufannya, semoga kami diberi kekuatan untuk senantiasa mampu mengemban amanat ummat, dalam Pendayagunaan ZIS yang bersumber dari muzaki; guru, karyawan, siswa dan orangtua siswa, yg disalurkan ke kami.”

Ungkap Razes selaku Kepala Bidang Ismuba & BHI yang juga sebagai Penanggungjawab  teknis operasional Kantor Layanan Lazismu Wibraga.

KL Lazismu SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 tergolong Kantor Layanan yg aktif dan produktif, kini tengah proses pengajuan SK Pendirian Kantor Layanan ke Lazismu Daerah Kota Yogyakarta yang telah ter-SK kan Lazismu Wilayah DIY.

Pentasharufan Zakat infaq shodaqoh sd muh wibraga

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *