Penyerahan Bantuan Warga Muhammadiyah D.I. Yogyakarta untuk Lombok NTB

Bantuan Muhammadiyah DIY

foto bersama di PWM NTB

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) D.I. Yogyakarta (DIY) melakukan Kunjungan Silaturahim (Kunsiroh) ke PWM NusaTenggra Barat (NTB) pada hari Jumat-Ahad, 18-20 Oktober 2019. Acara ini dilaksanakan dalam rangka meresmikan dan meyerahkan bantuan warga Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta ke PWM NTB.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa tahun 2018 lalu, NTB diguncang Gempa yang mengakibatkan kerusakan infrastruktur, korban jiwa, dan korban materil yang tidak sedikit. Oleh sebab itu warga Muhammadiyah melukan aksi donasi sebagai wujud kepedulian terhadap bencana yang menimpa NTB yang di himpun oleh lazismu, baik lazismu wilayah, daerah maupun kantor layanan lazismu.

Total penghimpunan yang dilakukan lazismu se DIY untuk bencana Lombok mencapai Rp. 2.915.864.566 (dua milliar Sembilan ratus lima belas juta delapan ratus enma puluh empat ribu lima ratus enam puluh enam rupiah) digunakan untuk respon tanggap darurat bencana dan rehabilitasi rekontruksi dengan bekerjasama dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC)

Kunjungan tersebut dilakukan bersama Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) MDMC, DIY , Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Lazismu guna ikut serta dalam peresmian sekaligus menyerahkan bantuan berupa 3 unit bangunan TK ABA, 120 Unit Huntara, 1 unit Mushola dan Sanitasi Air ke PWM NTB.

Gita Danu Pranata ketua PWM DIY menyampaikan silaturahim ini merupakan kali kedua setelah setahun yang lalu mendampingi Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan PP Aisyiyah untuk survey dan menentukan titik bantuan rekonstruksi.

“Pembangunan ini atas permintaan Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) PP Muhammadiyah sekaligus juga PP Muhammadiyah. Untuk membangun sekolah, mushola dan huntara serta sanitasi. Alhamdulillah kali ini bisa bersilaturahim untuk melihat progres dan hasil dari jarih payah melaksanakan amanah dari pusat tersebut.” Ungkap Gita

Gita menambahkan, bahwa bantuan tersebut merupakan bantuan dari donatur, masyarakat, amal usaha dan seluruh warga muhammadiyah. “Semoga bantuannya bisa dikembangkan dan dimkasimalkan.” Imbuh Gita.

Kunjungan tersebut diterima dengan baik dan senang oleh PWM NTB seperti yang dikatakan oleh Falahuddin, S.Ag., M.Ag ketua PWM NTB. Falahudin menyampaikan selamat datang PWM DIY yang sudah melakukan kunjungan dan silaturahim sehingga menjadi bagian dari keluarga untuk bersama sama menjalankan kegiatan dakwah melalui kegiatan kegiatan persyarikatan Muhammadiyah.

Bantuan Muhammadiyah DIY

Penyerahan berita acara bantuan

Dalam kesempatan tersbut juga dilakukan penyerahan secara simbolis berita acara penyerahan bantuan warga muhammadiyah untuk korban gempa di Lombok NTB yang diserahkan oleh Gita Danu Pranata dan diterima oleh PWM NTB Falahuddin, S.Ag., M.Ag

Selanjutnya kunjungan dilanjutkan untuk melihat langsung lokasi bantuan yaitu di TK ABA Poh Gading , TK ABA Dahiyang dan Huntara yang berada di Sembalun.

Bantuan Muhammadiyah DIY

kunjungan lokasi TK ABA

Dalam kesempatan, salah satu warga korban bencana sekaligus juga penerima manfaat dari huntara menyampaikan terimakasih kepada muhammadiyah yang sudah memberikan huntara. Menurutnya, saat belum ada bantuan huntara dirinya tinggal di kebun dengan perlengkapan seadanya.

“Alhamdulillah ada bantuan dari muhammadiyah berupa huntara yang bisa digunakan untuk tempat tinggal, bahkan beberpa warga yang belum mendapatkan bantuan bisa ikut bersama untuk tempat mengungsi”. Imbuhnya.

Bantuan Muhammadiyah DIY

kunjungan Huntara

Bantuan Muhammadiyah DIY

kunjungan huntara

Bantuan Muhammadiyah DIY

penerima huntara

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *