Targetkan Ketahanan Pangan Segera Berjalan, MCCC dan Lazismu Siap Salurkan 1 Juta Paket Sembako

Jakarta – LAZISMU. Setelah menyalurkan bantuan sebesar Rp 113 miliar dalam penanganan Covid-19, dengan menjangkau penerima manfaat sejumlah 2.215.809 juta jiwa di seluruh Indonesia. Selanjutnya, dalam waktu dekat MCCC bersama Lazismu akan mencanangkan program jangka pendek dengan membagikan sembako nasional.

Dalam keterangannya secara online, Ketua MCCC Pimpinan Pusat  (PP) Muhammadiyah, Agus Samsudin, mengatakan, saat ini penyaluran paket sembako sudah mencapai 223.705 dari nilai donasi sebesar Rp 18 miliar.

Lebih rinci dapat digambarkan bahwa penyebaran paket sembako meliputi beberapa daerah seperti di Pulau Sumatera yakni Aceh sebanyak 100 paket, Riau 1.692 paket, Sumatera Barat 1.463 paket, Sumatera Selatan 5.370 paket, Bengkulu 1.000 paket, Lampung 7.362 paket. Sementara di pulau Jawa, DKI Jakarta telah menyalurkan 500 paket, Banten 3.993 paket, Jawa Barat 5.076 paket, Jawa Tengah 52.219 paket, D.I Yogyakarta 12.674 paket, Jawa timur 105.632 paket, Bali 279 paket.

Daerah Kalimantan Tengah sebanyak 3.806 paket, Kalimantan Utara 628 paket, Kalimantan barat 200 paket, Kalimantan Timur 2.410 paket. Selanjutnya Sulawesi dan Papua Barat masing-masing 4.145 paket dan 450 paket. Agus menambahkan, program jangka pendek ini akan terus dilakukan sebab dampak dari Covid-19 ini belum bisa diterka kapan akan berakhir.

Dia menilai, program jangka pendek ini merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan bersama. “Karena efek dari Covid ini apakah akan bisa 3 bulan atau 6 bulan itu akan tergantung pada tindakan kita bersama, seluruh masyarakat yang ada di Indonesia,” tuturnya.

MCCC menargerkan dapat menyalurkan 1 juta paket sembako kepada seluruh masyarakat Indonesia. Adapun target tersebut akan dibagi menjadi dua periode sebelum lebaran dan setelah lebaran hingga akhir tahun. Dalam program jangka pendek ini, berbagai barang di dalam paket sembako tersebut, berasal dari usaha mikro milik warga yang dibeli oleh Lazismu.

Di samping menyiarkan semangat solidaritas sosial, Agus menambahkan, spirit ini mendorong warga untuk mengutamakan pembelian berbagai hasil usaha berbasis rumahan atau usaha mikro dan menengah yang dikelola oleh sesama kerabat, teman, dan entitas warga sekitarnya.

“Paket sembako ini sesuatu yang bersifat sementara dan ini perlu langkah-langkah yang lebih besar lagi supaya kita ada ketahanan pangan yang lebih lama,” jelasnya.

Sedangkan program jangka panjangnya, MCCC dan Lazismu melakukan pemberdayaan jejaring, dan pendampingan ekonomi baik antara pemerintah-pelaku usaha hingga bersinergi dengan lembaga filantropi dan kemanusiaan lainnya.

“Pemberdayaannya bisa berupa pendampingan usaha, bantuan modal hingga distribusi hasil produksi termasuk di dalamnya sarana membuka fasilitas akses ke pasar,” tandasnya.

Karena itu, selain melibatkan amal usaha dan jamaah Muhammadiyah dan warga di tingkat ranting, MCCC terus memberikan spirit organisatoris agar pimpinan Muhammadiyah di tingkat ranting segera membentuk MCCC di tingkatannya masing-masing serta merapikan yang sudah ada sekaligus memastikan agenda percepatan program-program tersebut untuk segera berjalan.

Dengan demikian, perlu adanya bantuan dan peran aktif dari para masyarakat Indonesia yang mampu menyisihkan hartanya untuk mendukung program ini. Pihaknya juga menghaturkan terimakasi kepada seluruh masyarakat Indoenesia yang telah berpartisipasi dalam berdonasi yang disalurkan melalui Lazismu.

“Untuk para donatur kita ingin mengucapakan terimakasih. Seluruh partisipasi bapak dan ibu bisa disalurkan melalui Lazismu dengan nomor rekening yang tertera,” pungkasnya. (ars)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download

Temukan kami di