Jum’at berkah dengan sedekah

JUM’AT BERKAH DENGAN SEDEKAH

Bagi umat Islam, Jumat merupakan waktu yang istimewa dari semua hari dalam sepekan. Pasalnya pada hari mulia ini, Allah ta’ala banyak sekali menghadirkan kebaikan-kebaikan dan limpahan rahmat serta kasih sayangnya bagi makhluk.

Di antara kebaikan-kebaikan itu adalah penciptaan langit, bumi, dan manusia pertama yang merupakan nenek moyang kita, Nabi Adam alaihissalam.

Jumat juga merupakan hari penuh barakah, dan di hari ini Rasulullah memerintahkan umatnya untuk memperbanyak amal sholeh. Dari sekian banyak amalan, salah satunya yang banyak dianjurkan adalah sedekah.

Dikatakan bahwa sedekah di hari jumat lebih utama daripada hari-hari lain. Hal ini sesuai dengan keterangan dari Ibnul Qoyim dalam kitabnya Zadul Ma’ad. Dalam kitabnya, ulama besar itu menyatakan bahwa sedekah di hari jumat memiliki keistimewaan khusus dibandingkan hari lain.

Bilamana sedekah di hari jumat dibandingkan dengan hari lain, maka seperti perbandingan antara sedekah di bulan ramadhan dengan sedekah di bulan selainnya.

Allah ta’ala berfirman “Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrah-Nya) lagi Maha Mengetahui“. (QS. Al-Baqoroh: 261)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Temukan kami di

Program Donasi

Mari Membaca